Hindari Setoran, Tomi Memilih Tahu Aci Sebagai Peluang Usaha

BANYUMAS.INFO, Cilongok,-Tahu aci merupakan salah satu oleh oleh khas Tegal Tomi (40) salah seorang pedagang tahu aci yang mangkal di terminal Losari, Kecamatan Cilongok Kabupaten Banyumas. Tahu aci yang sekarang digelutinya menjadi suatu usaha yang bisa diandalkannya untuk memenuhi kebutuhan rumah tangganya.


“Usaha berdagang tahu aci ini saya jalani baru satu tahun ini, awalnya saya bekerja sebagai kondektur bus, hanya saja saya tidak menikmati pekerjaan tersebut, terkadang  saya sendiri merasa di kejar setoran”Keluh Tomi kepada jurnalis Banyumas.info, Selasa,(9/8).


“Awalnya saya berjualan dengan modal Rp. 3.5 Juta, itu untuk grobag, kwali besar dan kompor  dan juga pembelian bahan baku , seperti aci dan tahu. Pertama membuka saya berjualan modal 8 kg aci (Tepung) itu juga di perkirakan bisa jadi 1500 biji keuntungan bersih sebesar Rp.500 ribu dengan modal awal Rp.250 ribu, rata rata perhari habiskan tepung 8 kg”jelasnya.


“Bulan Ramadhan dan Idul Fitri kemarin satu hari bisa berjualan habiskan aci sebanyak 15 kg perharinya, Kalau moment lebaran kemarin saya jual Rp.2 ribu 3 Biji selain menguntungkan, bahan bahan ini kan tidak bisa bau misalkan saja tidak laku ya bahan baku di masukan di dalam lemari es, Selain berjualan tahu aci juga bisa berjualan lainnya misalkan sedia minuman baik es,teh anget maupun kopi. Kalau bulan puasa hingga lebaran itu disini sudah kaya pasar kuliner ”Ujar Tomi.


“Rencananya saya juga mau membuka lagi, setelah pinjamannya lunas, saya lebih asyik begini sebagai pedagang tahu aci walaupun usaha ini kecil namun saya lebih menikmati dan tidak diburu setoran “Tutup Tomy.(Yus).