Pemerintah Desa Dermaji sajikan berbagai kegiatan ,Festival Dermaji Menjadi Ikon Desa Percontohan

BANYUMAS.INFO, -LUMBIR,Kegiatan Festival Dermaji berlangsung meriah, Ribuan penonton dari berbagai daerah ikut meenyaksikan acara tersebut, Pemerintah Desa Dermaji sajikan berbagai kegiatan diantaranya seminar budaya ekonomi dan teknologi informasi, festival kambing, festival dongeng, festival tumpeng dan kuliner khas Dermaji, dan pentas tari kolosal “Dermaji Gumregah” melibatkan ribuan orang. Festival Dermaji 2016 dilaksanakan selama 2 hari, Sabtu dan Minggu 20-21 Agustus 2016 di Desa Dermaji Kecamatan Lumbir, Kabupaten Banyumas Sabtu kemarin 20/8/2016.

Festival Dermaji melibatkan ribuan orang yang merupakan bentuk partisipasi dan inisiatif dari Kepala Desa Dermaji Bayu Nugroho, Acara ini mendapatkan sambutan hangat dari masyarakat  dan apresiasi yang luar biasa dari Bupati Banyumas Ahmad Husein.


“Acara besar yang melibatkan partisipasi masyarakat setempat memperlihatkan kegotongroyongan masyarakat dan inisiatif dari Kepala Desa yang mumpuni” kata Bupati dalam sambutan pembukaannya.

Bupati berharap agar kegiatan semacam ini dapat ditiru oleh Pemerintah Desa yang lain. “Potensi yang ada di desa agar dapat dikembangkan dan akan menjadi nilai ekonomi untuk peningkatan kesejahteraan masyarakat,” tambah Bupati 

Banyu Nugroho selaku Kades Dermaji “Festival Dermaji ini mampu mendorong masyarakat dan  membangkitkan memotivasi untuk membangun, serta membuat Dermaji semakin semangat berkarya baik di bidang ekonomi, budaya dan sebagainya,” Ungkapnya.

 “Kedepan, festival ini akan menjadi bagian dari salah satu wisata budaya dan pendidikan yang bisa dinikmati banyak orang. Apalagi selain potensi peternakan kambing, di Dermaji juga berkembang pertanian lada perdu, Museum Desa Naladipa dan pemanfaatan teknologi informasi untuk kemajuan masyarakat desa,” Ujar Bayu.



Bahwa sarana pemerintah desa untuk memberikan ruang kepada masyarakat untuk semakin giat berkarya, serta menjaga dan meningkatkan semangat kegotongroyongan masyarakat tambahnya.

Ribuan pengunjung membanjiri acara festival tersebut dari berbagai daerah Banyumas, Cilacap, Ciamis, Banten, akademisi, penggerak desa dan teknologi informasi serta pejabat dari lingkungan Kementerian Komunikasi dan Informasi (Kominfo).(Par/Yus).