Sebanyak 50 Warga di Lereng Selatan Gunung Slamet Mengikuti Pelatihan Tanggap Bencana

BANYUMAS.INFO, Purwokerto, Sebanyak 50 warga dilereng selatan gunung slamet mengikuti pelatihan tanggap bencana, acara tersebut diselenggarakan oleh Dinas Sosial Tenaga Kerja Dinsosnakertran  Kabupaten Banyumas, Acara tersebut dilaksanakan selama dua hari sejak Rabu 24 -25 Agustus 2016 di lapangan Desa Ketenger, Kecamatan Baturraden,Kamis 24/8/2016.

“Tujuan meminimalisasi kemungkinan adanya dampak akibat bencana erupsi. “Masyarakat untuk waspada dan siaga terhadap bencana yang mungkin timbul, khususnya yang berada di sekitar gunung berapi” terang Abdulah Muhammad selakuKepala Dinsosnakertrans

Sementara Komandan Taruna Siaga Bencana (Tagana) Banyumas, Ady Chandra, dengan melakukan pelatihan ini, masyarakat akan selalu siap dan tanggap serta waspada terhadap kejadian bencana dan musibah, harapannya dengan melakukan pelatihan ini masyarakat akan lebih siap siaga terhadap bencana”jelasnya.

Dalam pelatihan ini bukan hanya sekedar teori saja namun juga dibarengi dengan praktek Yakni meliputi materi manajemen bencana, peran dan tugas Dinsosnskertran, manajemen dapur umum, bongkar pasang tenda peleton, mitigasi bencana geologi, pertolongan pertama, dan praktek dapur umum.

Nantinya setiap warga yang mengikuti pelatihan ini diharapkan menjadi sadgas yang bisa menjadi informen , yakni untuk memberikan informasi kepada masyarakat jika sewaktu waktu terjadi bencana” terang Ady.

Berdasarkan data rawan bencana terdapat sejumlah desa di lima kecamatan rawan terdampak bencana Gunung Slamet. Diantaranya Kecamatan Cilongok, Karanglewas, Kedungbanteng, Baturraden dan Sumbang”Tutup Andy.(Yusfi Wawan Sepriyadi).