Banyumas.Info Menjadi Sarana Penghubung Antara Pemdes Dengan Masyarakat

Pendamping Desa Pekuncen Yusfi Wawan Sepriyadi mimpiku tentang desa
HARIANMERDEKA.ID, Keberadaan Banyumas.info merupakan salah satu upaya  didalam melakukan pendampingan desa khususnya diwilayah kabupaten Banyumas, Tidak semua desa saat ini memiliki website desa sehingga tidak banyak orang yang mengetahui informasi yang ada didesanyat. Keberadaan Banyumas.info merupakan salah satu upaya memfasilitasi kegiatan para pendamping desa didalam melakukan kerja diwilayah desanya sehingga apa yang kita temukan di wilayah dampingan tersebut dapat diketahui oleh pemerintah maupun masyarakat secara luas.Hingga hari ini belum ada suatu respon positif mengenai keberadaan Banyumas.info

Padahal banyak potensi potensi desa yang semestinya dapat kita munculkan sebagai salah satu produk lokal desa, masing masing desa memiliki potensi baik seni,budaya sumberdaya alam, disisi lain keberadaan Banyumas.info menjadi salah satu upaya untuk membangun pemerintahan desa yang Akuntable, transparan didalam penggunaan dana desa, para pendamping desa bisa melakukan pemberitaan mengenai apa yang terjadi di pemerintahan desa,masyarakat pada umumnya.

Saya ambil contoh beberapa desa yang sudah memiliki website desa salah satunya adalah dermaji.desa.id, Melung.desa.id ,karanggayam.desa.id,ajibarangwetan.desa.id,kalibagor.desa.id dll saya sangat mengapresias.Sangat disayangkan jika kita hanya mengupload sebuah gambar tentang kegiatan kegiatan didesa dampingan, baik melalui group WA maupun Facebook tanpa keterangan, lalu apa dampaknya kepada masyarakat luas ? tentu tidak ada dampak sayang kan? Coba para pendamping melakukan reportase didalam kegiatan setidaknya memiliki sebuah dampak informatif kepada masyarakat secara luas.Selain itu juga kita juga bisa memberikan gagasan pemikiran kita mengenai cara pandang terhadap desa, konsep pembangunan desa, atau sesuai dengan bidang keahlian yang kita miliki.

Dengan memberikan informasi tentang berbagai kegiatan diwilayah desa dampingan merupakan salah satu upaya kerja para pendamping desa ataupun sebagai suatu upaya memfasilitasi  kegiatan kegiatan para pendamping desa diwilayah desa dampingan. Saya membayangkan jika hal ini bisa dilakukan oleh para pendamping desa untuk membantu desa didalam memberikan informasi kegiatannya baik pelatihan,sosialisasi,pembangunan, potensi desa dll. Dengan adanya peliputan tersebut tentu akan menjadi suatu bentuk laporan yang bisa dilakukan para pendamping desa didalam mendukung kerjanya.

Bayangkan saja jika hal ini bisa dilakukan oleh para pendamping desa,dalam setiap harinya bisa melakukan peliputan mengenai desa dampingannya minimal 2 kegiatan, tentu kita mampu menjembatani antra pemerintah desa dengan masyarakat semua menjadi terkomunikasikan selain itu juga dengan pemerintah kabupaten provinsi maupun pusat.Banyak sekali hal hal yang bisa dilakukan sebagai salah satu upaya membangun hubungan atau komunikasi kepada dunia tentang desa. Banyak manfaat yang dapat diperoleh apalagi diera digital saat ini.

Saya sangat berharap dengan keberadaan Banyumas.info dan website desa Humas Kabupaten Banyumas agar dapat memfasilitasi kegiatan mengenai Jurnalistik kepada desa maupun para pendamping desa nantinya.