Kabupaten Banyumas Terima Penghargaan Descranada Award

HARIANMERDEKA.ID,Banyumas- MDewan Kerajinan Nasional Daerah (Dekranasda) Kabupaten Banyumas dinobatkan menjadi terbaik Tingkat Provinsi Jawa Tengah dan memperolah Decranasda Award, penghargaan diserahkan oleh Ketua Dekranasda Prov Jateng Nyonya Atikoh Ganjar Pranowo didampingi Gubenur Jawa Tengah Ganjar Pranowo kepada ketua Dekranasda Kabupaten Banyumas Erna Achmad Husein usai acara perhelatan Decranasca Carnival dalam rangka peringatan HUT ke-66 Provinsi Jawa Tengah Tahun 2016 yang dipusatkan di Kota Magelang, Sabtu sore (27/08).

Sebelumnya Erna memaparkan tentang kinerja Dekranasda Kabupaten Banyumas dihadapan dewan juri yang berasal dari perwakilan Pemerintah, Perguruan Tinggi,  dan LSM  antara lain tentang program kerja yang dijalankan dan hasil kinerja yang telah dicapai.

"Kami telah paparkan di hadapan dewan juri mengenai berbagai kegiatan yang telah dilaksanakan dalam rangka mengembangkan dan meningkatkkan kerajinan di Kabupaten Banyumas, antara lain melalui pembinaan UKM dan IKM, pelatihan, peningkatan SDM, pameran, sosialisasi, penampilan dalam iven, MOU dengan berbagai pihak bahkan dalam mencetak generasi penerus dilaksanakan sosialisasi dan pembinaan sampai ke tingkat sekolah" jelasnya

Erna juga menjelaskan berbagai kemajuan yang dicapai oleh Kabupaten Banyumas terlihat dengan tumbuhnya batik di Banyumas, kerajinan bambu dan bandol serta kerajinan-kerajinan lainnya.

"UKM di Banyumas semakin bagus, batiknya semakin berkembang dan banyak inovasi dan kreativitas dari batik tulis, batik printing, berkembannya sanggar-sanggar batik di sekolah-sekolah, terlibatnya berbagai pihak dalam turut serta mengembangkan, dan salah satunya dapat dilihat pada Banyumas extravaganza" tambahnya. 

Erna juga menyampaikan ucapan terimakasih dan penghargaan kepada semua pihak yang telah bersama-sama mengembangkan kerajinan di Banyumas sehingga dinobatkan menjadi terbaik tingkat Prov Jateng.

"Memang penghargaan bukan tujuan utama tetapi merupakan bentuk pengakuan hasil kinerja yang telah dijalankan, dan kita dinilai terbaik, untuk itu saya mengucapkan terima kasih dan penghargaan yang sebesar- besarnya kepada semua pihak, pengurus Dekranasda, Pemerintah Kabuapten Banyumas, atas kerja keras dan kebersamaannya dalam memajukan kerajinan di Banyumas untuk meningkatkan kesejahteraan masyarakat" imbuhnya. 

Kontingen Banyumas dabet juara 2 Decranasda Carnival Kontingen Kabupaten Banyumas yang menurunkan kerja sama Dekranasda dengan SMA N Sokaraja dinobatkan menjadi terbaik kedua dalam ajang Decranasda Carnival yang digelar dalam rangka HUT ke-66 Provinsi Jawa Tengah Tahun 2016 yang di pusatkan di kota Magelang.

Banyumas yang mengangkat tema Gurameh berbalut batik yang diperagakan oleh enam personil cantik dan gagah dari siswa/siswi  SMA N Sokaraja  dengan menggunakan corak batik khas Banyumas berhasil memukau penonton, tamu undangan dan dewan juri, mendapatkan berkali kali tepuk tangan dan berhasil meraih terbaik kedua.

Sementara untuk pameran pesona kria dekranasda dimana Banyumas menyuguhkan kerajinan batik dari sokaraja, kerajinan bambu dari Kecamatan Lumbir dan Bandrol dari Purwokerto sampai berita ini diturunkan belum diumumkan pemenangnya karena baru akan ditutup Minggu malam (28/8). (Hms.Yon)o