Karanggayam Butuh Teknologi Tepat Guna Untuk Pengolahan Buah Kenitu Sebagai Minuman Kesehatan

HARIANMERDEKA.ID,Banyumas, Buah Kenitu yang merupakan salah satu potensi lokal desa, Desa Karanggayam,Kecamatan Lumbir Kabupaten Banyumas ini memiliki banyak manfaat.Hanya saja dari sebagian masyarakat buah kenitu masih terasa asing ditelinga.

Kadesa Desa Karanggayam mengatakan bahwa Buah kenitu ini memiliki banyak nutrisi  diantaranya adalah antioksidan, flavonoid, asm fenol, berbagai vitamin baik vitamin C dan vitamin E, ada juga nutrisi beta karoten yang sangat bermanfaat untuk kesehatan "Jelas Nanang Sabtu,(03/09).

"Salah satu manfaat buah kenitu memperkuat tulang gigi,ada beberapa senyawa kalsium didalamnya dan senyawa inilah yang membuat tubuh lebih sehat dengan keberadaan tulang serta gigi yang kuat,selam ini banyak yang tidak tahu mengenai hal ini, sayang jika hal ini tidak dimanfaatkan"ujar Nanang.

Buakan hanya untuk memperkuat gigi saja , buah kenitu ini memiliki banyak manfaat diantaranya untuk mencegah resiko penyakit kanker,mengontrol tekanan darah tinggi,mengurangi nyeri otot,makanan sehat untuk diet dan mencegah diabetes.

Upaya yang harus kita lakukan adalah  meningkatkan  budidaya kenitu dan juga menciptakan agar buah kenitu ini bisa diolah sebagai minuman sehat dengan diambil sari buahnya,namun hal tersebut membutuhkan teknologi tepat guna. Dengan kemasan nantinya aka  lebih mempermudah didalam pemasaran "tutup Nanang.