Kemendes Gelar Pelatihan Informasi Desa

HARIANMERDEKA.ID.Banyumas – Kementerian Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal Dan Transmigrasi Republik melalui Direktorat Jenderal Pembangunan Dan Pemberdayaan Masyarakat, besok (27/9/2016) akan menyelenggarakan pelatihan pengelolaan sistem informasi desa (SID) bertempat di Desa Wlahar Wetan Kecamatan Kalibagor.
Acara yang akan bertempat di ruang pertemuan desa ini berlangsung selama sehari, yang akan di hadiri dan dibuka oleh Direktorat Pelayanan Sosial Dasar Kasubdit Pengembangan Akses Informasi Masyarakat Dra. Eny Kusumastuti, M.Si,  Kepala Bapermas PKB Kabupaten Banyumas Drs. Taefur Arofat M.Pdi dan SKPD Kecamatan Kalibagor Camat Siswoyo, Spd. MM.

Direktorat Pelayanan Sosial Dasar yang memfasilitasi kegiatan panel ini, telah siap menghadirkan pemateri yakni, (1) Penguatan Akses Informasi Masyarakat Desa dalam Kerangka Pelaksanaan Undang-Undang Desa oleh Tenaga Ahli Direktorat Pelayanan Sosial Dasar Andik Hardiyanto, (2) Berbagi Pengalaman Penguatan Akses Informasi Masyarakat Desa oleh Kepala Desa Wlahar Wetan Dodiet Prasetyo, (3) Pengembangan Desa Online oleh Kasubdit Pengembangan Akses Informasi Masyarakat Dra. Eny Kusumastuti, M.Si.

Sesi ini juga akan dibagi dalam kelompok diskusi terarah mengenai pemetaan masalah penguatan akses informasi kepada masyarakat desa dan juga pengidentifikasian berbagai kebutuhan jenis informasi kepada masyarakat desa melalui kelompok strategis dengan kelompok pesertanya yaitu (1) Kelompok perempuan dan Anak, (2) Kelompok petani, (3) Kelompok pemuda dan karangtaruna denga hasil nanti bisa 
mempresentasikan hasil dari peserta kelompok-kelompok diskusi tersebut. Sebelum penutupan, diharapkan workshop sehari ini nanti akan menghasilkan perumusan serta rekomendasi pembentukan desa mandiri berbasis sistem informasi desa.