Pemdes Semedo Lantik Sekdes Baru, Jabatan Sekdes Strategis Penentu Arah Pembangunan Desa

HARIANMERDEKA.ID,Banyumas,-Kepala Desa Semedo, Kecamatan Pekuncen , Herlina Wijayanti Kamis (06/10/206) melantik Nasirin sebagai Sekretaris Desa (Sekdes) yang baru. Pelantikan itu, berlangsung di aula kantor desa, Nasirin yang sebelumnya menjabat sebagai Kasi Pemerintahan dan Pembangunan amhirnya lolos sebagai sekdes baru desa Semedo setelah mengikuti tahapan seleksi

Pada kesempatan itu, Herlina  Wijayanti mengatakan bahwa jabatan sekdes merupakan jabatan strategis dan berat berdasarkan UU. No 6 tahun 2014. Sekdes disamping sebagai tenaga administrator di desa, juga sebagai pengelola keuangan desa dan sebagai  pengundang Perdes, Keputusan kepala desa serta RPJMDes. ”jabatan Sekdes tidak lagi seperti sebelum lahirnya Undang-undang yang baru, sekdes sekarang memiliki tugas yang berat. Dan saya yakin saudara sekdes yang baru akan mampu melaksanakannya dengan baik,” ingat Herlina.
           
Sedangkan Camat Pekuncen, Rusmanto. S.Sos dalam sambutannya mengatakan bahwa proses pemilihan Sekdes Semedo merupakan yang terbaik. Sehingga, mampu melahirkan sekdes yang baik pula. Panitia sudah menyeleksi 3 orang putra Semedo terbaik. Namun, hanya satu yang lolos. “panitia sudah bekerja dengan baik, semoga dapat bekerjasama untuk membantu kerja kepala desa nantinya .”jelas Rusmanto.
            
Seorang Sekdes kini penentu arah pembangunan desa. Sebagai pengelola keuangan desa, sangat berat tanggungjawabnya.  Tapi, ingat tugas itu akan ringan asal sering berkonsultasi dan berkoordinasi dengan pemerintah kecamatan dan BPMDes kabupaten Banyumas. “Saya menyampaikan apresiasi yang tinggi atas kinerja panitia, dan selamat melaksanakan tugas bagi Sekdes yang baru. Dua tahun lowong jabatan sekdes Semedo, terasa pincang pelayanan masyarakat. Sekdes harus mampu jadi pelayan masyarakat tidak hanya di kantor tapi dua puluh empat jam,” ingat Rusmanto
  
Kegiatan pelantikan Sekdes Semedo turut dihadiri oleh Muspika kecamatan Pekuncen , Ketua BPD, Ketua Panitia serta tokoh masyarakat tokoh pemuda dan alim ulama.