Banyumas Terima Penghargaa WTN Ke-6

BANYUMAS.INFO PURWOKERTO – Pemerintah Kabupaten Banyumas kembali menerima penghargaan Wahana Tata Nugraha (WTN). Penghargaan ini diberikan oleh Menteri Perhubungan, Budi Karya Sumadi kepada Bupati Banyumas, Ir Achmad Husein Senin (31/1) di Istana Wakil Presiden Jakarta.

Kepala Dinas Pehubungan Drs Sugeng Hardoyo mengatakan Wahana Tata Nugraha yang diterima Kabupaten Banyumas merupakan penghargaan ke 6. Menurutnya, penghargaan Wahana Tata Nugraha untuk pertama kali diterima Kabupaten Banyumas pada 2011 dengan kategori baik atas prestasi dalam mengelola transportasi dan lalu lintas kota serta mewujudkan keamanan dan keselamatan lalu lintas dan angkutan jalan di Kota Purwokerto. 

Dia mengatakan, penghargaan ini dapat dipertahankan karena Pemerintah Kabupaten Banyumas berkomitmen dalam pengembangan dan pembangunan infrastruktur transportasi untuk perkotaan di Purwokerto.

“Pada tahun 2011 dan 2012 Kabupaten Banyumas mendapatkan Plakat dan tahun 2013 dan 2014 mendapatkan Piala Wahana Tata Nugraha bidang lalu lintas. Sedang Tahun 2015 dan 2016 penghargaan WTN penuh meliputi bidang lalu lintas dan anggkutan,” terangnya usai apel pagi Rabu (1/2).

Pemberian penghargaan Wahana Tata Nugraha 2016 ini didasarkan pada keputusan Menteri Perhubungan RI Nomor : 588 Tahun 2016 tentang penerimaan penghargaan Wahana Tata Nugraha untuk pemerintah Kabupaten/Kota di Indonesia.

Sugeng berharap dengan diterimanya penghargaan ini, akan semakin memotivasi jajaran Dinas Perhubungan bersama-sama Polres Banyumas, dalam meningkatkan kinerja penyelenggaraan dan pelaksanaan lalu lintas dan angkutan jalan di wilayah perkotaan, untuk menciptakan ketertiban, keteraturan, kedisiplinan, dan keselamatan.

“Kami juga berpesan kepada masyarakat, pengusaha angkutan dan sopir untuk berdisiplin dalam berlalulintas,” pesannya.

Kabid Keselamatan Lalu Lintas Angkutan Jalan Dinhub, Etik Prasojo mengatakan berdasarkan evaluasi Banyumas unggul pada prasarana lalu lintas. Kedepan Dinhub beserta seluruh jajaran dinas/instansi terkait akan terus berupaya meningkatkan pelayanan bagi pengguna jalan, antara lain dengan peningkatan prasarana jalan, peningkatan ketersediaan fasilitas keselamatan jalan, peningkatan penerangan jalan umum, peningkatan fasilitas pejalan kaki dan penyeberang jalan, serta penanganan rekayasa dan manajemen lalu lintas.

"Wahana Tata Nugraha adalah prestasi masyarakat karena keberhasilannya didukung oleh kedisiplinan masyarakat dalam berlalu lintas sehingga tercipta ketertiban, keteraturan, dan kenyaman berlalu lintas di Kota Purwokerto," kata Etik.(Parsito).