1 Mei Sebagai Tonggak Sejarah Lahirnya Desa.ID

BANYUMAS.INFO, PURWOKERTO,-Desa ID merupakan suatu identitas desa dalam mewujudkan kemandiriannya, Domain desa.id merupakan wujud eksistensi akan keberadaan dirinya di dunia internet Senin,(01/05/2017)


Menurut Bayu Setya Nugroho yang merupakan salah satu pelopor Desa.id  mengatakan “ bahwa Tanggal 1 Mei 2017 menjadi momen bersejarah lahirnya identitas suatu desa dalam mewujudkan kemandiriannya, domain desa.id merupakan identitas tersendiri di dunia internet, tepatnya tanggal 1 Mei 2013 domain desa.id secara resmi diluncurkan oleh Pengelola Nama Domain Indonesia (PANDI) di Jakarta”.

loading...
Sudah empat tahun domain desa.id eksis di dunia internet, perjalanan panjang dilaluinya “Awalnya domain khusus desa.id mencuat pertama kali pada saat jugoran bloger  se Indonesia yang digelar di Desa Kedungbanteng, Kecamatan Kedungbanteng,Kabupaten Banyumas tahun 2012, Saat itu hadir pula beberapa Kepala Desa,Perangkat Desa dan Penggiat Desa yang ikut mempelopori lahirnya domain desa.id”Jelas Bayu kepada Banyumas.info.

“Dari diskusi tersebut kemudian dibuatlah proposal resmi usulan domain desa.id atas nama Gerakan Desa Membangun (GDM). Proposal tersebut ditandatangani oleh tiga Kepala Desa Yakni saya sendiri Kepala Desa Dermaji, Agung Budi Satrio (Kepala Desa Melung), Achmad Munawar (Kepala Desa Pancasan) yang kemudian proposal tersebut disampaikan ke PANDI dan secara intensif dibahas dalam millis sebelum disampaikan  pada Diskusi yang diselenggarakan oleh PANDI di Jakarta, Tambah Bayu.

“Ide desa.id tidak hanya dibahas pada pertemuan-pertemuan informl namun terus kita gelorakan disetiap event desa membangun yang diadakan di Banyumas dan Yogyakarta untuk mematangkan usulan desa.id “Sambung Agung Budi Satrio yang juga sebagai pelopor dan ikut menandatangani proposal usulan desa.id. (Ade)