Pekalongan Dikepung Banjir, Kapolda Jateng Kunjungi Ribuan Korban

HARIANMERDEKA.ID,Pekalongan- Sebagai bentuk rasa persaudaraan dan rasa kasih sayang untuk memberikan bantuan kepada saudara yang terkena musibah, merupakan suatu kewajiban bagi kita sebagai umat muslim,hal tersebut disampaikan oleh Kepala Kepolisian Daerah (Kapolda) Jawa Tengah, Irjen Polisi Rycko Amelza Dahniel pada saat mengunjungi tempat pengungsian warga yang terdampak banjir Masjid Al Karomah Kec Tirto Kota Pekalongan Selasa (25/02).
Dirinya meminta warga untuk tetap berada didalam pengungsian sampai air kembali surut,hal tersebt guna menjamin keamanan warga. , Kapolda meminta warga untuk memanfaatkan posko gabungan TNI, Polri dan pemerintah daerah yang telah disediakan. Posko siap membantu kebutuhan pengungsi dan menyediakan pelayanan kesehatan hingga pengamanan.
“Tetap tinggal disini dulu sampai air surut. Rumahnya akan dijaga oleh tentara dan polisi, tenang. Kalau mau berangkat liat rumah lapor dulu ke polisi atau tentara biar aman. Jangan berangkat diam-diam malam malam nanti ada air tinggi lagi kesulitan untuk kembali kesini,” pesan Kapolda.
Kondisi saat ini, sekitar 80 persen wilayah kota pekalongan terdampak banjir setinggi rata-rata 30 cm akibat hujan yang mengguyur sejak Minggu (23/02). Hingga berita ini diturunkan, Kapolda terpantau meninjau lokasi banjir lain diantaranya di kec. Tirto dan kec. Pekalongan Barat, banjir juga mengenangi wilayah kec. Pekalongan Timur, Selatan, dan kec. Buaran. Bahkan hingga meluas di kecamatan Pekalongan utara yang hampir 75 persen wilayahnya terendam banjir setinggi 40 cm.
Sementara itu, hingga saat ini tercatat sudah ada 1.587 orang pengungsi di kec. Pekalongan Barat yang memenuhi tempat pengungsian. Turut bergabung dalam kunjungan ini Dirsamapta Polda Jateng Kombes Pol Herry Purnomo, Dirpolair Polda Jateng Kombes Pol Risnanto, Dirintelkam Polda Jateng Kombes Pol Yuda Gustawan, Dansat Brimob Polda Jateng, Kombes. Pol. Tory Kristianto, Dirreskrimum Polda Jateng dan Kabid Dokkes.(fid/akh/Red)