Umroh Ditunda,Ganjar Minta Kemenag Pastikan Tidak Ada Biaya Tambahan



HARIANMERDEKA.ID,Semarang- Terkait dengan kebijakan pemerintah Arab Saudi penghentin visa untuk menghindari penyebaran virus corona masuk kenegara tersebut.Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo meminta kepada Kementrian Agama untuk memberikan kepastian, dengan adanya penghentian pelayanan tersebut tidak ada biaya tambahan, apapun terkait penundaan keberangkatan jama’ah umroh.
“Saya minta Kemenag untuk komunikasi dengan para penyelenggara ibadah haji dan umrah, serta calon jamaah umrah. Sampaikan apa yang sebenarnya terjadi agar semuanya tenang,” kata Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo di Semarang, Jumat (28/02).
Orang nomor satu Jawa Tengah tersebut khawatir para calon jama’ah dirugikan dengan adanya tambahan biaya terkait dengan penghentian sementara ibadah umroh
“Jangan sampai nanti ada konsumen yang dirugikan, Kemenag harus hadir sebagai representasi Negara. Saya minta segera turun untuk koordinasi dengan penyelenggara ibadah haji dan umrah,” ucapnya.
Dirinya meminta agar Kanwil Kemenag Jateng aktif untuk mensosialisasikan dan berkomunikasi dengan pemerintah pusat hingga ada kepastian serta guna menghindari munculnya permasalahan yang lain.
Menurut Ganjar, semua pihak harus aktif berkomunikasi agar mengetahui keputusan akhir pemerintah Kerajaan Arab Saudi, termasuk dari Kementerian Luar Negeri.
“Saya kira, Kemenlu sampai saat ini masih bicara dan mencari solusi terbaik,” kata politikus PDI Perjuangan itu. (Red)