Terminal Terboyo Semarang Segera Difungsikan, Truk Dilarang Parkir dan Bongkar Muat di Tepi Jalan



HARIANMERDEKA.ID,Semarang-Eks Terminal Terboyo akan beralihfungsi. Terminal yang semula merupakan terminal bus akan segera diberlakukan sebagai terminal angkutan barang.
Kepala Dinas Perhubungan (Dishub) Kota Semarang Endro P Martanto mengatakan, alih fungsi Terminal Terboyo akan segera dilakukan dalam waktu dekat.

Nantinya, truk dilarang melakukan bongkar muat maupun parkir di tepi jalan.
Nanti sasarannya adalah truk-truk terutama dari arah Surabaya yang akan melakukan loading barang tidak boleh masuk kota. Mereka harus masuk ke fasilitas parkir barang di eks Terminal Terboyo," papar Endro, Minggu (08/03).

Selama ini, pihaknya masih menjumpai truk-truk parkir di tepi jalan. Beberapa titik yang karap menjadi tempat mangkal truk ini akan dipasang rambu larangan parkir. Kemudian, truk wajib masuk ke terminal angkutan barang.

"Di depan kawasan pelabuhan itu larangan parkir. Kami dan pihak pelabuhan sudah mendisiplinkan mereka untuk masuk ke kawasan pelabuhan," ujarnya.

Dia berharap, adanya truk terminal barang bisa lebih mendisiplinkan truk dan bisa mengatasi kemacetan lalu lintas.

Dikatakan, sarana dan prasarana terminal angkutan barang sudah disiapkan. Terminal barang ini bakal dikelola oleh pihak ketiga dengan target yang telah ditetapkan oleh Pemerintah Kota (Pemkot) Semarang.(Dimas)