Penyaluran BLT Dana Desa Kecamatan Lebaksiu Dilakukan Secara Serentak

Penyerahan BLT Dana Desa (Foto :Teguh)

HARIANMERDEKA.ID,Tegal- Dalam upaya penanganan dampak akibat wabah Covid-19, Pemerintah melalui Kementrian Desa mencanangkan program Bantuan Langsung Tunai (BLT)  yang bersumber dari Dana Desa.

Menurut Teguh Pendamping Desa Kecamatan Lebaksiu  Kabupaten Tegal mengatakan besarnya bantuan BLT Dana Desa sebesar 600.000 per KK yang diberikan selama 3 bulan terhitung sejak bulan april hingga juni.

Sasaran dari BLT Dana Desa merupakan masyarakat yang kehilangan mata pencaharian, yang belum terdata di JPS PKH dan BPNT atau exclusion error dan terdapat anggota keluarga yang telah mengalami sakit menahun. Mekanisme pemberian BLT ada dua yakni  dengan mekanisme transfer (cashless) dan tunai.

Lanjut Teguh, penyaluran BLT Dana Desa di Kecamatan Lebaksiu, Kabupaten Tegal dilakukan secara serentak.

“Dari 15 desa yang ada di kecamatan Lebaksiu untuk bulan pertama yang diberikan secara tunai. Adapun 12 desa yang telah melakukan penyaluran BLT DD kepada masyarakat secara serentak diantaranya adalah desa Pendawa, Dukuhlo, Kajen, Lebaksiu Lor, Lebaksiu Kidul, Timbangreja, Kesuben, Balaradin, Kambangan, Dukuhdamu, Jatimulya dan Lebakgowah”Jelas Teguh Rabu, (13/05)


Menurutnya data yang telah dihimpun dari Pemerintah Desa, jumlah penerima BLT DD secara keseluruhan ada  2.539 KPM dengan sebaran KK di masing-masing desa.

Teguh, berharap agar masyarakat  tetap menjaga protokoler kesehatan, masing-masing desa memiliki pola pendekatan yang berbeda-beda namun tetap menjaga social dan physical distanding dan pemakaian masker