Peringatan HUT RI Ke 75 Rencananya Akan Digelar Secara Sederhana



HARIANMERDEKA. ID, Banyumas-Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Banyumas akan menggelar upacara peringatan Hari Ulang Tahun (HUT) ke-75 Kemerdekaan RI pada 17 Agustus 2020 secara sederhana dan minimalis. Peserta upacara pun akan dibatasi sekitar 30 orang dan petugas pengibar bendera hanya 3 orang saja, dengan tetap menerapkan protokol kesehatan untuk mencegah penularan Virus Corona. Selain itu peringatan HUT RI tahun ini ditiadakan perlombaan seperti tahun-tahun sebelumnya.

Dalam surat edaranya Sekda Banyumas Wahyu Budi Saptono menyebutkan sehubungan dengan kondisi penyebaran Corona Virus Disease 2019 (Covid-19) yang masih belum terkendali, maka dalam rangka menyemarakan  Peringatan HUT ke-75 Kemerdekaan RI tidak diperbolehkan mengadakan acara resepsi/tasyakuran dan perlombaan-perlombaan baik olah raga ataupun permainan ketangkasan lainnya.

“Upacara Pengibaran Bendera Peringatan HUT ke-75 Kemerdekaan RI dan Penurunan Bendera Merah Putih pada Senin, 17 Agustus 2020 dilaksanakan secara sederhana dan khidmat, sangat minimalis, dan mematuhi protokol kesehatan pencegahan COVID-19; termasuk di kecamatan” sebutnya

Meski dilaksanakan secara sederhana, petugas upacara yang akan mengibarkan dan menurunkan bendera untuk upacara tersebut mulai melakukan latihan di Halaman Pendopo Sipanji Senin (10/08/2020).

Pelatih Paskibra dari Kodim 0701 Banyumas Pelda Asrokin menyebutkan sebanyak tujuh pelajar yang menjadi anggota Paskibra 2019 kembali akan bertugas pada upacara nanti. Mereka akan bertugas untuk mengibarkan dan menurunkan bendera.

“Kami dipercaya kembali untuk melatih Paskibra 2020 dengan menggunakan Paskibra Tahun 2020. Tujuh orang ini 3 orang akan mengibarkan bendera, 3 orang akan bertugas menurunkan bendera sedangkan 1 orang sebagai cadangan,” katanya.

Mereka akan berlatih selama tiga hari mulai hari ini Senin (10/08/2020) hingga Rabu (12/08/2020).

“Tanggal 13 gladi kotor, 14 gladi bersih dan tanggal 17 peleksanaan upacara,” tambahnya