Wakil Bupati Banyumas Berbuka Puasa dengan Pedagang Pasar Tradisional Ragantali

 

Drs.H. Sadewo Tri Lastiono


HARIANMERDEKA. ID, Banyumas-Pasar tradisional ragantali yang terletak di desa Gerduren Kecamatan Purwojati merupakan sebuah pasar yang terlahir oleh masyarakat yang berada di wilayah grumbul Kalipandan desa Gerduren. 


Tergolong baru, pasar desa kalipandan itu dilauncing pada Kamis 11 Maret 2021 lalu, dengan model pengembangan yang bernuansa tradisional dan menjunjung kearifan lokal yang ada. 


Di pasar ini akan kita temukan berbagai macam jajanan pasar khas jawa tempo dulu.  


Meskipun di bulan ramadhan , pasar tradisional ragantali ini  tetap buka di waktu sore sampai dengan berbuka puasa.


 Pasar yang mempunyai tagline nguripi,mergunani dan nglokali ini selama ramadhan menyajikan aneka jajanan dan takjil yang beraneka ragam.


Tak ketinggalan, dalam upaya meramaikan pasar tradisional itu, segenp pengurus pasar menggelar acara kegiatan buka bersma dengan mengundang Wakil Bupati Banyumas Drs.H. Sadewo Tri Lastiono. Minggu ,(25/04).


Selain itu, dalam kegiatan buka  bersama ini juga dihadiri oleh Pemerintah Desa Gerduren, lembaga desa , Bhabinkamtibmas , pedagang pasar , pokdarwis Gerduren , pokja Ragantali dan masyarakat umum. 


Tak ketinggalan juga, ikut memeriahkan group hadroh asal dukuh grumbul Kalipandan, sambil menunggu buka puasa dengan iringan lantunan shalawat .


Dalam sambutannya , Wakil Bupati Banyumas Drs.H. Sadewo Tri Lastiono mengatakan bahwa dirinya  akan ikut serta dalam pengembangan di pasar tradisional ragantali.



" kita akan membantu para pelaku UMKM yang berada di sekitar pasar tradisional Ragantali untuk bisa mengembangkan usaha,melakukan pendataan dan pendaftaran legalitas usahanya. Nanti kita instruksikan Dinas yang membidangi untuk hadir disini melakukan registrasi pendaftaran usaha warga masyarakat yang berada di sekitar pasar tradisional ragantali. Selain itu saya juga akan ikut serta dalam pengembangan sarana prasarana pendukung agar pasar tradisional Ragantali kedepan semakin maju,pungkasnya."


Acara yang berakhir dengan buka bersama ini diharapkan akan mampu memberikan dampak positif bagi pengembangan pasar tradisional ragantali kedepan.di acara tersebut juga di hadiri sekelompok organisasi Relawan 'BARA JP BANYUMAS' yang turut serta mendorong kemajuan pasar tradisional tersebut .


Menurut Sony Bharata ( Ketua Bara JP BANYUMAS ) pasar Rangga tali adalah bagian dari pendorong kemajuan ekonomi masyarakat desa jadi sangat perlu sekali adanya dukungan oleh pemerintah daerah agar dalam proses pengembangan akan lebih cepat dan tentu dampak positif bagi masyarakat desa gerduren itu sendiri.



Di akhir acara juga dilakukan foto bersama Wakil Bupati Banyumas dengan segenap masyarakat yang hadir di acara itu. Acara ditutup dengan doa bersama untuk kelancaran, kemajuan dan kesuksesan pasar tradisional Ragantali.