Erna Husein Pantau Kegiatan Pekarangan Pangan Lestari Di Sokaraja

 

JATENG.HARIANMERDEKA.ID,Banyumas-Ketua Tim Penggerak PKK Banyumas Ny Erna Sulistyawati Achmad Husein bersama pengurus terus memantau pelaksanaan program pemanfaatan lahan pekarangan melalui kegiatan Pekarangan Pangan Lestari (P2L). Pemantauan kali ini dilakukan di Kelompok Wanita Tani (KWT) Mugi Kasembadan Desa Karangduren dan KWT Indraswari Desa Sokaraja Kulon keduanya di Kecamatan Sokaraja. 


Bersama Dinas pertanian dan Ketahanan Pangan Kabupaten Banyumas, pada tahun 2021 ini, Tim Penggerak Pemberdayaan Kesejahteraan Keluarga (TP-PKK) membina 21 Kelompok Wanita Tani (KWT) se-Kabupaten Banyumas. Kegiatan tersebut bertujuan untuk menjaga ketahanan pangan di Banyumas. Ketua Tim Penggerak PKK Kabupaten Banyumas 



Ny. Erna Husein mengatakan selain menjaga ketahanan pangan di tengah pandemi covid, program ini juga diharapkan dapat mengurangi stunting di beberapa wilayah di Kabupaten Banyumas. “Harapan dari kegiatan ini adalah sebagai upaya dalam meminimalisir kasus stunting yang ada di Desa Karangduren, Sokaraja Kulon dan lainya” katanya, Kamis (17/06). 


Mengingat salah satu akibat terjadinya stunting adalah asupan makan yang tidak sesuai dengan kebutuhan gizi. Dengan memiliki sayur-sayuran disekitar rumah diharapkan pemenuhan gizi yang berasal dari tanaman dapat terpenuhi. Terpisah Camat Kecamatan Sokaraja Drs Lukman Nazarudin mengakui masih terdapat kasus stunting di Kecamatanya meski prosentasenya kecil, namun dirinya berharap dengan program ini mampu meniadakan stunting di daerahnya.


 “Untuk kasus stunting di daerah saya itu memang ada, namun prosentasenya sedikit. Mudah-mudahan melalui program ini pengurangan kasus stunting di wilayah saya teratasi” ungkapnya. Dalam acara tersebut, penerapan protokol kesehatan diterapkan dengan ketat. Terlihat berbagai stakeholder turut membantu dalam acara tersebut mulai dari pihak Pemerintahan Desa, Polri dan TNI.