Peringatan Hari Lingkungan Hidup, Pramuli Banyumas Bersihkan Hutan Kota








HARIANMERDEKA. ID, Banyumas - Dalam rangka peringkatan Hari Lingkungan Hidup Sedunia Tahun 2021, ratusan anggota Pramuka melakukan bersih-bersih di Taman Satria dan Taman Kota Kelurahan Berkoh Kecamatan Purwokerto Selatan, Sabtu (05/06). 


Kegiatan yang diprakarsai yang oleh Dinas Lingkungan Hidup Kabupaten Banyumas ini di ikuti oleh ratusan anggota Pramuka yang terdiri Pramuka Peduli Kwarcab Banyumas, Saka Bhayangara Polresta Banyumas, Saka Kalpataru Kwarcab Banyumas, Kwarran Purwokerto Utara, Kwarran Purwokerto Timur, Kwarran Sokaraja dan Racana Soedirman. Untuk peserta dari anggota  Pramuka dikoordinir oleh Bidang Pengbdian Masyarakat Kwartir Cabang Banyumas.  Ikut terlibat dalam kegiatan komunitas penggiat lingkungan.


Andalan Cabang Urusan Sosial dan Lingkungan Hidup Nur Hadi Kurniawan, ST., M.Si mengatakan bahwa Hari  Lingkungan Hidup Sedunia yang diperingati setiap tahun pada tanggal 5 Juni adalah sebagai upaya meningkatkan kesadaran dan penyelamatan lingkungan, selain itu juga menjadi kesempatan untuk merefleksikan pencapaian dan terus melanjutkan tekad kita dalam mengatasi tantangan lingkungan hidup yang dihadapi dunia hingga saat ini.


"Diperingati sejak tahun 1974, Hari  Lingkungan Hidup Sedunia adalah bentuk kampanye untuk menyampaikan keberhasilan upaya penyelamatan yang merupakan bagian dari SDGs," katanya


Hari  Lingkungan Hidup Sedunia tahun 2021 diselenggarakan Pakistan dengan tema “Ecosystem Restoration” dengan kampanye “Reimagine, Recreate, Restore”.


"Semoga dengan tindakan kecil ini menjadi inspirasi dan dapat meningkatkan peran serta aktif warga masyarakat untuk terus memelihara kelestarian lingkungan hidup minimal di lingkungan masing - masing sendiri. Sehingga secara kesadaran diri dan kemandirian warga masyarakat juga dapat menjaga, memelihara dan melestarikan kebersihan lingkungan," harapnya.


Selain kegiatan tersebut, Bidang Abdinas juga telah menyiapkan satu paket kegiatan yaitu Pelatihan Budidaya Magot yang akan dilaksakan pada bulan Juli minggu kedua.