Bupati Banyumas Buka Kesempatan Warga Untuk Pelatihan Budidaya Porang


JATENG.HARIAN MERDEKA. ID, -Banyumas - Potensi komoditas porang benar-benar menjadi perhatian bagi Pemerintah Kabupaten Banyumas. Hal tersebut ditunjukkan oleh Bupati Banyumas Achmad Husein dengan mengunjungi Balai Besar Litbang dan Sumber Daya Genetik Pertanian (BB Biogen) di Bogor beberapa waktu lalu. Salah satu tujuan dari kunjungan tersebut menurut Bupati Banyumas , ingin mengenalkan  lebih jauh tentang teknologi perbanyakan benih secara kultur jaringan terhadap komoditas porang.


“Di Banyumas sudah banyak masyarakat yang menanam porang tapi benihnya masih dari katak. Itu memerlukan biaya tinggi dan ada masa dormansi, sehingga kalau panen secara serentak itu saya khawatirkan harganya akan jatuh,” katanya.


Guna meningkatkan percepatan ekonomi serta meminimalkan kerugian di tingkat petani, Bupati bertekad mengembangkan teknologi kultur jaringan.


“Kami bersama Dinas Pertanian akan mengembangkan kultur jaringan. Ini perlu keseriusan dan akan dimulai dengan penandatanganan MoU,” sambungnya.


Lebih lanjut, kata Husein  pihaknya telah lama menjajaki teknologi kultur jaringan, bahkan sumber daya manusia dan beberapa fasilitas pun telah disiapkan. Namun kerja sama dengan lembaga penelitian tetap diperlukan agar teknologi tersebut dapat diserap secara maksimal.


Selain teknologi kultur jaringan, Bupati juga menunjukan ketertarikannya terhadap sejumlah varietas unggul yang dihasilkan BB Biogen, seperti kedelai biji besar Biosoy, cabai tahan virus dan produktivitas tinggi Carvi Agrihorti serta beberapa varietas unggul lainnya.


“Untuk saat ini kita fokus dulu kepada kultur jaringan porang ini, nanti kalau sudah sukses barulah kita akan kembangkan ke komoditas-komoditas unggul lainnya,” lanjutnya


Sebagai tindak lanjut kunjungannya itu, Ir.Achmad Husein mengajak 50 orang yang berminat, untuk mengikuti kursus atau pelatihan pembudidayaan porang.


"Silahkan yang berminat hubungi WA ke +62 811-2814-044 tidak dipungut biaya, dikasih makan gratis, tour ke lokasi pertanian, dapat kaos lagi, enak toh," katanya dikutip dari IG pribadinya, Minggu (11/07).


Menurutnya kegiatan akan dimulai bulan September yang akan datang dan akan dilakukan secara bertahap.


"Insya Alloh Covid sudah reda," katanya.


Bupati mengaku bahwa dirinya sudah pula bertemu dengan pembeli yang untuk ekspor agar proses  kontrak jangka panjang dan harga bisa stabil asal pasokan juga dapat dipenuhi.


"Bertanam porang sangat menguntungkan, teknologi pertanian tidak terlalu sulit, asal punya kemauan pasti bisa," pungkasnya