Pemkab Banyumas dan Cilacap Jalin Kerjasama Penanganan Covid-19


JATENG.HARIANMERDEKA.ID, Banyumas - Dalam rangka mensukseskan pelaksanaan Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) Darurat 3-20 Juli 2021, Pemerintah Kabupaten Banyumas dan Pemkab Banyumas akan menjalin kerja sama. Bupati Banyumas Achma d Husein didampingi Forkomimda lengkap mengadakan pertemuan dengan Pemkab Cilacap yang dipimpin langsung oleh Bupati Cilacap Tatto Suwarto Pamuji di Halaman Gudang Bulog Cindaga Kebasen Jum’at  (09/07) sore.


Bupati Cilacap Tatto Suwarto Pamuji mengaku senang dapat bertemu dengan Forkompimda Banyumas. Menurutnya Cilacap dan Banyumas adalah saudara. Permasalahan yang dihadapi juga hampir sama. Maka alangkah baiknya dijalin kerja sama dalam penanganan covid-19.


“Seperti disebut Pak Bupati bahwa banyak warga Cilacap yang kerumah sakitnya Ke Banyumas, demikian juga ada warga Banyumas yang ke Cilacap,” kata Tatto


Bupati Cilacap maupun Bupati Banyumas memberi kesempatan kepada masing-masing anggota Forkompimda untuk memberi masukan dan saran.


Bupati Banyumas Achmad Husein mengatakan bahwa dari kesimpulan beberapa masukan masukanada beberapa yang perlu adanya kesepakatan antara lain adalah penyekatan, kedua oksigen dan ketiga BOR Rumah Sakit.


“Kami berdua sepakat akan melakukan perjanjian kerjasama (PKS) terkait penyekatan, oksigen dan BOR Rumah sakit. Ini akan menjadi payung hukum untuk dinas terkait untuk operasional di lapangan, dan akan ada efisiensi seperti penyekatan yang semula misal ada 30 orang nanti masing-amsing kabupaten hanya 15 orang. Ada kekurangan oksigen misalnya bisa saling membantu dan minjamkan,” kata Bupati Husein.


Rencana penandatanganan Perjanjian Kerja Sama (PKS) akan dilaksanakan Sabtu (10/7/2021) kegiatan tersebut untuk menjalin koordinasi, komunikasi dan kolaborasi.