Jateng Kembali Mendapatkan Bantuan untuk Penanganan Pandemi


JATENGHARIANMERDEKA.ID, Semarang – Bantuan penanganan pandemi di Jawa Tengah terus mengalir.  Kali ini bantuan datang dari perusahaan masker dalam negeri PT Hetzer Medical Indonesia, dan Dompet Dhuafa.


Pihak PT Hetzer Medical Indonesia memberikan bantuan sejuta masker medis untuk Jawa Tengah. Sementara Dompet Dhuafa memberikan bantuan 100 tabung oksigen, 50 ton beras, 20.000 kaleng daging kemasan, dan 150 paket nutrisi untuk nakes dan petugas pemakaman di Jateng.


Bantuan-bantuan itu diterima secara langsung oleh Gubernur Jawa Tengah, Ganjar Pranowo, di loby kantornya, Kamis (12/8). Mewakili masyarakat Jawa Tengah, Ganjar menyampaikan terima kasih pada semua pihak yang telah membantu penanganan Covid-19 di Jateng.

 

“Orang baik datang kembali. Hari ini ada yang nyumbang masker, ada yang membagi sembako, gas dan lainnya. Hari ini dari PT Hetzer Medical Indonesia dan Dompet Dhuafa. Saya mengucapkan banyak terima kasih dan semoga bermanfaat,” ucapnya.

 

Baca Juga : Di Kabupaten Karanganyar, Pasokan Oksigen Kian Lancar

 

Bantuan-bantuan itu, lanjut Ganjar, sangat penting untuk mengisi ruang kosong yang tidak ter-cover oleh pemerintah pusat. Jika ada masyarakat yang tidak mendapatkan bantuan, maka bantuan dari kelompok masyarakat dan perusahaan ini bisa diberikan.

 

“Dan saya haqul yakin bahwa di Indonesia ini banyak orang baik. Maka di tengah situasi sulit ini, orang baik datang dan membantu. Ayo kita bersama-sama membantu saudara sebangsa,” tambahnya.


Tak hanya menerima bantuan, Ganjar mengatakan sudah bicara dengan Dompet Dhuafa untuk mengembangkan kerja sama lainnya. Di antaranya pengolahan sumberdaya yang ada di masing-masing daerah.

 

“Umpama bantuan beras ini, ternyata ada 1.000 hektare lahan dari petani yang dibina. Maka berasnya dikelola sejak produksi sampai hasil akhir dibagikan. Ada juga pengalengan daging makanan, itu bagus sekali. Maka kita kerja sama untuk ke depan, potensi apa yang bisa dikembangkan. Nanti Baznas saya minta ikut terlibat,” pungkasnya.


Sementara itu, Ketua Pengurus Yayasan Dompet Dhuafa, Nasyid Majdi mengatakan, bantuan yang diberikan itu bersumber dari donasi masyarakat. Pihaknya berharap bantuan itu bisa diterima dan dibagikan pada yang berhak.

 

“Kami berharap bantuan ini bisa membantu masyarakat dan memberikan manfaat,” ucapnya.