Wujud Rasa Nasionalisme, Pedagang di Batang Gelar Upacara di Pasar


JATENGHARIANMERDEKA, Batang : Sebagai wujud rasa nasionalisme pedagang menggelar upacara bendera di sela-sela kios Pasar Kabupaten Batang, Selasa (17/8).


Semenjak pandemi Covid-19, pihak pengelola pasar berinisiatif untuk melaksanakan upacara peringatan kemerdekaan secara mandiri.

 

“Kami selalu menumbuhkan semangat cinta tanah air kepada para pedagang, salah satunya dengan upacara bendera di lingkungan pasar, agar semua ikut berpartisipasi menyemarakkan ulang tahun kemerdekaan,” ucap Kepala Pasar Batang, Bambang Setyo Utomo.


Baca Juga : Jateng Kembali Mendapatkan Bantuan untuk Penanganan Pandemi


Beberapa hari sebelumnya pihak pengelola pasar dan paguyuban pedagang telah mensosialisasikan agar para pedagang mengibarkan bendera Sang Merah Putih yang dipasang di tiap kios atau lapak.

 

“Sejak pandemi tiap-tiap pasar di Kabupaten Batang menggelar upacara secara mandiri, dengan melibatkan seluruh pedagang,” ujarnya.


Ketua Paguyuban Pasar Batang, Anwar Rozikin mengatakan, upacara digelar serentak oleh seluruh pedagang dan di semua pasar. Ini merupakan bentuk patriotisme para pedagang.

 

“Para pedagang menunjukkan semangat yang ingin selalu tumbuh dan maju. Terima kasih kepada para pahlawan, kita sudah merdeka dan sekarang tinggal mengisi dengan memberikan semangat juang yang tinggi,” ucapnya.

 

Baca Juga : Di Kabupaten Karanganyar, Pasokan Oksigen Kian Lancar

 

Para pedagang juga senantiasa menunjukkan dukungan agar segera terbebas dari pandemi dengan berupaya selalu mematuhi protokol kesehatan.

 

“Tetap semangat melakukan aktivitas perdagangan di pasar, sehingga pertumbuhan ekonomi semakin maju,” terangnya.

 

Salah satu pedagang, Fitri mengutarakan bahwa dirinya merasa bangga bisa melaksanakan peringatan detik-detik proklamasi di tempatnya mencari rezeki setiap harinya.

 

“Saya bahagia dan bangga karena bangsa Indonesia sudah merdeka dan pokoknya kita harus selalu semangat,” ujarnya.